Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Properti

Inilah Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Properti - Tidak sedikit kejadian pahit dialami konsumen pada saat membeli hunian. Ada saja kejadian seperti finishing yang tidak rapi, atau ada juga yang terkena janji manis pengembang, dan bahkan ada yang tertipu ternyata lokasi rumah kerap mengalami banjir.

Dikutip dari laman realestate.com.au menuturkan, setidaknya selain uang, konsumen juga harus memiliki pengetahuan sebagai kekuatan pada saat akan membeli properti.


Artinya, Kamu tidak boleh tergesa-gesa menandatangani kesepakatan jual beli sebelum mengajukan tujuah pertanyaan sakti berikut:

Pertanyaan ke-1. Minta laporan penjualan properti terbaru pada pengembang atau agen
Kali pertama kamu berkunjung pada lokasi properti idaman baik rumah atau apartemen, kamu harus menanyakan mengenai laporan penjualan properti terbaru kepada pengembang atau agen.

Dengan kamu menanyakan ini, Andkamu a akan mengetahui mengapa pengembang atau agen menjual rumah/apartemen tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui rekam jejak dan kredibilitas pengembang/agen selama mereka memasarkan produk properti, terutama saat membeli dalam sistem inden.

Pada pertanyaan ini juga, kamu dituntut untuk menanyakan potensi investasi dari properti itu. Bagaimanapun, properti adalah aset yang bisa memiliki nilai investasi.

Jadi tanyakan kepada pengembang berapa Return of Investment (ROI) yang memungkinkan.

Pertanyaan ke-2. Tanyakan terkait daya saing properti di pasar

Pada pertanyaan selanjutnya, kamu perlu mengetahui bagaimana daya saing properti tersebut di pasar. Biasanya, pengembang atau agen properti akan melakukan berbagai cara agar properti mereka laku terjual.


Nah, tidak ada salahnya jika kamu menanyakan upaya apa saja yang sudah dilakukan pengembang/agen dalam memasarkan properti mereka.

Cermati rentang waktu pemasaran yang dilakukan hingga waktu ketika kamu mengunjungi properti tersebut. Apakah rentan enam bulan, satu tahun, atau bahkan lebih. Hal itu sangat penting untuk menjadi jurus daya tawar kamu loh!

Pertanyaan ke-3. Tanyakan kendala pemasaran yang dialami

Pertanyaan selanjutnya adalah kendala apa saja yang dialami sehingga properti tersebut tidak kunjung laku. Mungkin sekilas terbilang ‘kepo’ dan cerewet. Tetapi, ini cukup masuk akal jika dicermati.

Pada sebagian kasus pernah dijumpai bahwa kendala pengembang dalam menjual rumah berkaitan dengan perizinan.

Bahkan sekalipun properti tersebut sudah jadi, permasalahan perizinan tak kunjung selesai. Untuk itu, tanyakan secara detail apakah ada kendala mengenai lahan atau sejenisnya.

Pertanyaan ke-4. Tanyakan pada diri sendiri, “apakah Saya sudah mampu membeli?”

Keinginan motivasi membeli rumah mungkin tidak sama antara satu individu dengan individu lainnya. Ada yang ingin mencari aset, investasi, ataukah ada yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal. Selain Anda ajukan pertanyaan kepada pengembang/agen, tidak salah juga kamu menanyakan kepada diri sendiri terkait kemampuan dalam membeli rumah.

“Membeli rumah adalah proses yang mahal dan dapat cukup mahal jika Anda tidak mampu membayar di sela mencicil KPR,” ujar Miraglia. Pihak bank mungkin akan menyetujui permohonan pinjaman kamu . Namun, kamu juga harus mengetahui, akan ada perubahan gaya hidup sebelum dan pada saat kamu menyicil rumah.


Pertanyaan ke-5. Tanyakan pada diri sendiri, “apakah Saya menyukai lokasi properti Ini?”

Setelah kamu mengetahui kebutuhan dasar apa yang mendorong untuk membeli properti, selanjutnya adalah tanyakan pada diri sendiri “apakah saya menyukai lokasi rumah ini?”

Pertanyaan ini akan menentukan kepuasan kamu di masa depan. Mengingat rumah adalah tempat tinggal idaman, tentu harus mengedepankan kenyamanan.

Jangan sampai, hanya karena tergiur dengan harga murah, tetapi jauh dari fasilitas publik dan sehingga kamu-lah yang mengalami kesulitan.

Pertanyaan ke-6. Tanyakan pada diri sendiri, “apa sih tujuan saya beli properti ini?”

Terkahir adalah tanyakan pada diri sendiri, mengenai tujuan kamu membeli properti tersebut, apakah untuk berinvestasi ataukah untuk ditempati.

Jika tujuan kamu berinvestasi, maka lokasi dan harga menjadi pertimbangan utama yang harus dipikirkan. Namun, jika bertujuan untuk ditempati, maka kenyamanan dan fasilitas umum menjadi pertimbangan utama.(Berita Properti untuk Properti Indonesia)

Promotion: Rumah di Bintaro, Casa Bellevue Bintaro, rumah bangun cepat, nhome propertindo

Posting Komentar untuk "Inilah Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Properti"