Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fiber Semen : Material Kayu Ramah Lingkungan

Fiber Semen : Material Kayu Ramah Lingkungan - Mengingat semakin langkanya kayu untuk material properti, maka diberbagai proyek konstruksi khusunya properti para ahli berupaya untuk mengurangi penggunaan kayu, khususnya penggunakan kayu solid, yang langsung mengambil sumber daya kayu hutan. Para pengguna material kayu, telah berupaya menggunakan material kayu hasil fabrikasi, misalnya triplek, plywood, MDF, engineering wood, dan sebagainya. Malahan untuk bagian lainnya, mereka telah menggunakan material yang berbeda sama sekali, misalnya penggunaan balok kayu untuk rangka atap, diganti dengan material baja ringan.



Selain penggunaan material kayu hasil fabrikasi, ternyata saat ini sudah ada juga material yang secara fisik mirip dengan kayu, tapi dibuat dengan bahan dasar yang sama sekalo berbeda. Material tersebut terbuat menggunakan campuran serat fiber dan semen Portland, dengan bentuk yang seindah kayu asli. Jenis material digunakan juga sebagai material finishing sebagai dinding fasad.


Material untuk fasad itu adalah kayu artifisial dari produk Conwood. Kayu artifisial yang dimaksud adalah material yang secara fisik sangat mirip dengan kayu, tapi terbuat dari bahan yang sangat berbeda. Dalam hal ini, bahan baku pembuatnya adalah dari serat fiber dan semen Portland.

Sebenarnya jenis material ini telah dikenal untuk material wood plank, dari produk Kalsiboard, yaitu lisplank dari kalsium silikat board yang memiliki corak kayu. Namun kemiripan bentuk wood plank terhadap kayu ini hanya terlihat dari tekstur alur kayunya. Sedangkan warnanya masih seperti kalsiboard yang berwarna putih. Nah, pada produk Conwood ini, selain memperluas aplikasi materialnya, juga telah menyediakan berbagai pilihan warna kayu yang variatif.

Mau mencoba, silakan browsing dulu ya.
(Properti Indonesia)

Posting Komentar untuk "Fiber Semen : Material Kayu Ramah Lingkungan"