Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tiga Hal Penting Saat Beli Rumah

Inilah Tiga Hal Penting Saat Beli Rumah -  Sewaktu memutuskan untuk membeli sebuah rumah, hal apa saja yang biasanya kamu perhatikan selain Harga rumah, lokasi, lingkungan, legalitas, atau hal yang berkaitan dengan perizinan rumah? Hal tersebut, memanglah sangat penting untuk diperhatikan.
 Rumah Dijual
Tapi sebenarnya, ada hal lainnya yang tidak kalah penting ketika kamu hendak memilih sebuah rumah, apalagi rumah untuk seumur hidup. Setidaknya, ada tiga poin penting yang tidak boleh terlewatkan dalam memilih tempat tinggal, baik rumah, apartemen, atau rumah susun.

Ventilasi

Ventilasi seringkali disepelekan orang saat memilih tempat tinggal. Padahal, ventilasi adalah aspek penting untuk menunjang kenyamanan, kesehatan, dan aktivitas penghuni yang tinggal di dalam rumah tersebut.



Menurut standar kesehatan yang dikeluarkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ventilasi harus ada di setiap ruangan di dalam rumah meski telah memasang AC. Keberadaan ventilasi sangat penting diletakkan khususnya ruang dapur, karena berfungsi sebagai penetral udara di dalam rumah. Dapur yang tertutup berisiko karena dapat memicu kebakaran.

Instalasi listrik dan air

Saat ini, listrik dan air merupakan faktor penting penunjang kehidupan sehari-hari kita. Manusia tidak bisa dapat bertahan hidup tanpa air. Untuk itu, pastikan ketepatan pemasangan komponen instalasi listrik dan air pada rumah yang akan kamu beli.

Periksa kondisi instalasi listrik yang  terbebas dari masalah korsleting. Untuk air, kamu bisa menggunakan jasa air bersih dari Perusahaan Air Minum (PAM), atau jika membangun sumur di rumah, pastikan lokasi sumur telah berada di tempat yang tepat.

Drainase dan sanitasi

Jangan lupa tanyakan juga pada penjual rumah, apakah saluran air di rumah yang akan kamu beli lancar. Tanyakan juga saluran limbah apakah beroperasi dengan baik dan bagaimana proses pembuangan sampah dan sebagainya. Hal seperti ini, sering kali luput dari mata pembeli sewaktu membeli sebuah hunian.


Walau terlihat sepele, ketiga hal di atas sangat memengaruhi kenyamanan tempat tinggal untuk ditinggali. Jadi jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari.(Properti Indonesia)

Posting Komentar untuk "Inilah Tiga Hal Penting Saat Beli Rumah"