Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mu'amalah dalam Memulai Bisnis Properti

Ilmu yang harus dimiliki

Mu'amalah dalam Memulai Bisnis Property -  Memulai bisnis properti untuk pertama kali bukanlah termasuk hal yang mudah. Hal ini disebabkan arena bisnis property memiliki banyak instrumen dan variable yang membutuhkan modal tidak sedikit serta effort yang luar biasa.  Ditambah lagi dalam bisnis ini, memiliki keterkaitan dengan peraturan dan kebijakan yang dimiliki oleh daerah dimana properti itu berada.
Pemahaman mengenai aspek hukum, aspek perijinan serta kebijakan-kebijakan dalam pertanahan juga sangat penting dipelajari, pahami dan dikuasi oleh pengusaha pemula bisnis properti ini, agar dapat seminimal mungkin mengeluarkan dana untuk keperluan tersebut.

Hal-hal yang berhubungan pengurusan legalitas dan perijinan memang masih perlu diperbaiki. Mulai dari mental petugas sampai pejabat negeri ini. Sebagai pelaku usaha khususnya industri properti seringkali dihadapkan dengan oknum pejabat daerah yang bermental "preman" . Mereka hanya mengharapkan pungutan-pungutan liar dari pekerjaan yang mereka lakukan, bahkan mereka melakukannya dengan cara yang paling tidak sopan sekalipun.  

Pada akhirnya memang harus kembali ke pribadi masing-masing, bila memang ingin memperbaiki mental bangsa ini, para pengusaha property harus memulainya terlebih dahulu dengan cara yang tidak menyalahkan siapapun serta mencoba dengan segala cara agar orang lainpun menghargai usaha dan upaya kita.

Hubungan dengan Landlord

Hal berikutnya yang harus dilakukan oleh pemula bisnis ini adalah mendapatkan kepercayaan pemilik tanah (landlord). Pada saat memulai bisnis ini, hal tersebut memang cukup sulit namun dari sinilah kita belajar bahwa kepercayaan yang diperoleh dari orang lain sebenarnya adalah modal utama untuk mandiri di dunia properti.

Land lord merupakan kawan vital yang harus diperoleh kepercayaannya,  karena tanah inilah bahan baku utama ketika ingin terjun didunia properti sebagai pengembang. Dengan menjaga teguh kepercayaan yang diberikan pemilik tanah, seorang pengusaha pemula akan dapat kembali mendapatkan kepercayaan dari pemilik tanah-tanah berikutnya, untuk proyek-proyek properti selanjutnya. Berangkat dari sini maka segala kemudahan yang dapat diperoleh.

Hubungan dengan Investor

Begitu juga dengan para Investor. Mereka sepertinya sahabat-sahabat kita. Dalam bisnis properti, tetap dibutuhkan perhatian khusus dan keterbukaan dari kita sebagai pengusaha dengan para sahabat kita, agar kita dapat bertahan di industri properti ini. Di saat telah mendapatkan kepercayaan, apakah keberhasilan langsung dapat kita rasakan?


  
Ada satu hal yang pengusaha di bisnis ini harus ketahui yaitu turun naiknya bisnis properti ini. Bisnis ini serupa dengan bisnis-bisnis lainnya, dan kalau hal tersebut terjadi, merupakan suatu hal yang sangat biasa.

Bersyukur

Terakhir, Jika kamu sukses atau dengan kata lain rasa bersyukur benar-benar dirasakan saat ini, kamu harus selalu mencoba mawas diri terhadap kesuksesan yang mulai dirasakan. Buat para pengusaha masa susah adalah hal yang biasa, namun masa senang itulah cobaan sesungguhnya.

Jangan lupa akan kepercayaan dari sahabat-sahabat yang selalu memberikan pelajaran-pelajaran yang berguna kepada kita, tetap harus selalu kita jaga, dan selalu mempunyai keyakinan kepada Allah SWT bahwa kita bisa menghadapi rintangan-rintangan yang ada pada bisnis properti ini.

"Harapan dan niat untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lainlah yang akan membuat kita memiliki hati untuk terjun kedunia bisnis, khususnya bisnis properti"
 (Properti Indonesia)

Posting Komentar untuk "Mu'amalah dalam Memulai Bisnis Properti"