Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ecocapsules, Rumah Mungil yang Hemat Energi

Ecocapsules, Rumah Mungil yang Hemat Energi - Bentuknya bangunannya unik, mirip kacang kenari atau telur. Ukurannya 2,25 × 2,55 meter dan tinggi 4,5 meter. Menggunakan material insulated fiberglass dengan rangka dan berlapis aluminum. Biar bangunan ini mungil, tapi isinya komplet mirip apartemen tipe studio; memiliki kamar tidur, dapur dan perlengkapannya, area kerja, ruang makan dan kamar mandi.  Ini boleh dibilang rumah minimaxi, dan oleh penciptanya, Nice Architects (Slovakia) disebut ecocapsule.


Bangunan ini disebut ecocapsule, karena bentuknya serupa yang serupa kapsul dan eco, sebagai kependekan ecology, karena dirancang sebagai rumah yang ramah lingkungan. Bangunan ini hanya menggunakan panas matahari dengan panel surya untuk memasok 600 watt serta kincir angin dengan daya 750 watt. Panel surya dan tiang kincir angin diletakkan di bagian atap “rumah”. Kecanggihan Ecocapsule dilengkapi dengan reverse osmosis filter, yang bisa mengolah air hujan atau air danau menjadi air layak minum.

Nice Architects memang menciptakan sebuah hunian berukuran mungil dan bisa dihuni 1-2 orang dan bisa berdiri di mana saja, tidak tergantung pada jaringan infrastruktur kota. Dengan begitu, bisa diletakkan di mana saja.  Jadi kamu bisa memiliki halaman di belakang rumah berupa di pantai atau di atas tebing sebagai rumah berlibur atau bepergian, bahkan untuk rumah sementara saat ada bencana. Singkatnya, “Kami bebaskan keinginan masing-masing pengguna, tergantung imajinasi atau mimpi masa kecilnya,” kata Igor Zacek, partner Nice, kepada CNN.

Selain mungil, ecocapsule juga mobile jadi dapat dengan mudah dipindah-pindahkan. Perancang sudah memberi ecocapsule empat kaki beroda yang bisa ditarik dengan mobil, bahkan cukup ringan (1.200 kg, berat kosong) untuk diangkat dengan helikopter.


Sebelum memproduksi massal, Nice harus melakukan riset selama enam tahun. Baru nih pada tengah tahun 2015 ini, Nice memproduksi generasi pertama. Pada tahap awal ini, Nice hanya membuat 50 unit saja dan secara eksklusif dan telah menambahkan beberapa fitur sesuai keinginan pembeli. Harganya dipatok 79.900 Euro (sekitar Rp1,2 miliar). Ecocapsule generasi kedua baru dipasarkan tahun 2017.


Harga tersebut sudah termasuk furnitur plus kelengkapan lainnya, yaitu meja, lemari, tempat tidur berukuran  kasur 2×1,45 meter, rak dapur dan rak koper. Juga penghangat lantai dan pemanas air di kamar mandi serta perlengkapan smart home. Furniturnya juga dirancang mungil, berbahan lightweight honeycomb panels dengan  wood veneer finish. Nice membuka peluang bagi desainer lain untuk menciptakan furnitur dan elemen interior lain khusus untuk ecocapsulei. Jika pembeli ingin mengisinya dengan koleksi pribadinya dimungkinkan, selama sesuai dengan standar Nice. Tertarik untuk membeli?
(Properti Indonesia)

Posting Komentar untuk "Ecocapsules, Rumah Mungil yang Hemat Energi"