Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membuat Taman dalam Rumah

Inilah Cara Membuat Taman dalam Rumah -  'Halaman Dalam’ atau istilah kerennya 'Inner Court' memang sedang populer pada rumah saat ini. Meski disebut hunian dalam, namun pada penerapannya, inner court biasanya berupa taman yang berada di dalam atau tengah-tengah rumah. Selain untuk mempercantik bagian dalam rumah, inner court juga berfungsi untuk area relaksasi karena memiliki nuansa asri.  Selain itu, keberadaan tempat ini akan mampu menghemat energi karena menghasilkan ventilasi dan pencahayaan yang baik.
Sifatnya inner court yang terbuka (outdoor) untuk memanfaatkan energi matahari serta udara dari luar untuk menyinari dan menyejukkan berbagai ruangan di dalam rumah. Penggunaan Air Conditioner (AC) dan lampu pun bisa diminimalisir. Kalau kamu tertarik untuk membuat inner court, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ruangan ini bisa lebih maksimal. di antaranya:

1. Buat Konsep dan Rancangannya

Sebelum membuat inner court, akan lebih baik kalau kamu berdiskusi dulu dengan desainer interior yang kamu kenal, seperti apa inner court yang akan dibuat, serta tema apa saja yang ingin kamu terapkan. Langkah ini akan memudahkan desainer interior untuk membuat sesuai dengan keinginan Anda.

2. Hindari Terlalu Banyak Pohon

Meski merupakan area asri, jangan masukan terlalu banyak pohon pada inner court, karena ini malah membuat taman dalam rumah kamu terkesan penuh, sempit, dan kotor.  Sebaiknya, masukan unsure hardscape seperti stepping stone dan batu koral, dengan tambahan softscape berupa tanaman hias, perdu, dan semak.



3. Perhatikan Material

Karena berupa ruang terbuka, maka material yang dipilih pun sebaiknya tahan lama dan mudah dibersihkan serta tidak sulit jika dilakukan perawatan. Tidak hanya itu, perhatikan juga sistem pembuangan air agar tidak banjir ketika musim hujan. Namun, kamu juga bisa memilih dengan menggunakan atap tranparan, hanya saja, sirkulasi udara jadi sedikit terhalang.

4. Pencahayaan Tambahan

Meski berupa taman outdoor, tapi penambahan lampu sebagai aksesoris tambahan bisa mempercantik taman interior kamu di malam hari. Sebagai saran, gunakan lampu LED agar pancarannya tidak merusak taman dan juga hemat listrik (Properti Indonesia)

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Membuat Taman dalam Rumah"